6 Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Pertama

6 Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Untuk mengetahui Anda hamil atau tidak dapat dilakukan dengan cara tes kehamilan. Namun biasanya para wanita juga bisa menduga mereka hamil atau tidak.

Biasanya hak ini ditandai dengan telatnya menstruasi. bila anda mengalami satu atau lebih tanda Dan gejala kehamilan. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Perubahan fisik yang biasa dirasakan pada tanda-tanda kehamilan minggu pertama adalah payudara atau puting yang nyeri dan bengkaka.

Payudara akan terasa berat, sakit dan nyeri bila disentuh. Atau kadang juga terasa penuh dan menjadi lebih berat.

Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu ibu hamil

Tanda-tanda kehamilan minggu pertama lainnya adalah tubuh anda bekerja dengan sangat keras memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda.

Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat.

Sedikit mengalami pendarahan dari vagina berkisar 11 atau 12hari setelah berhubungan. Pendarahan disebabkan sel telur yang dibuahi masuk lapisan dalam rahim

Beberapa hal dibawah ini merupakan tanda-tanda kehamilan minggu pertama lainnya adalah :

– Sering buang air kecil 

Meningkatnya frekuensi buang air kecil. Anda bisa saja mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering daripada sebelumnya.

– Sakit kepala

Kehamilan menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan mendapati diri Anda merasa pening atau pusing.

– Konstipasi

Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan Anda, dan hal ini dapat menyebabkan sembelit alias susah buang air besar.

– Perubahan suasana hati

Meluapnya jumlah hormon dalam tubuh Anda di awal masa kehamilan dapat membuat Anda menjadi luar biasa emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati juga merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.

– Merasa pusing dan melayang

Mual, dengan atau tanpa muntah. Morning sickness, yang bisa menyerang setiap saat, baik siang ataupun malam, kadang-kadang dimulai paling awal tiga minggu setelah pembuahan.

Memang penyebab mual selama kehamilan masih belum jelas, tapi hormon kehamilan mungkin menjadi penyebabnya.

Wanita hamil juga mungkin mendapati bahwa aroma yang sebelumnya tidak pernah mengganggu akan menyebabkan mual.

– Suhu basal tubuh meningkat

Suhu tubuh basal, alias suhu tubuh Anda saat baru saja bangun di pagi hari, dapat memberikan petunjuk awal dari kehamilan.

Suhu tubuh basal Anda akan sedikit meningkat setelah ovulasi, dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya.

Jika Anda telah mengukur suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, dan setelah dua minggu kemudian suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *